Minggu, 19 Januari 2014

Bacalah! Dan Kamu Akan Untung Besar

Membaca, adalah hal yang umum kita lakukan sehari-hari. Mulai dari membaca buku, koran,majalah, komik, iklan dan lain sebagainya.
Lalu, apakah inti dari membaca itu??



Tidak lain adalah mengerti isi dari yang kita baca tersebut.

Lalu, bagaimana jika kita tidak mengerti isi dari yang kita baca tersebut, apakah akan ada manfaatnya, apakah ada keuntungannya untuk kita?

Secara umum “tidak”. Sebagai contoh kita yang membaca tulisan Romawi, kita bisa membacanya “civis Indonesian sum” tetapi jika kita tidak mengerti maknanya maka tidak akan ada keuntungannya buat kita.

Hal tersebut berbeda aturannya ketika kita membaca Al-Quran, meskipun kita tidak mengerti arti dari yang kita baca, kita masih mendapatkan manfaat yang sangat besar dari apa yang kita baca tersebut. salah satu keuntungan tersebut sebagaimana sabda Rsulullah SAW :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabulloh (al-qur'an), maka dia akan mendapatkan satu pahala kebaikan, dan kebaikan tadi dilipat gandakan sampai sepuluh kali. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." ( Sunan Turmudzi, no.2910 )

Rasulullah Muhammad SAW ketika menerima wahyu pertama, yaitu surat Al-Alaq 1-5 juga berisi perintah untuk membaca Al-Quran. Hal ini menunjukkan bahwa membaca Alquran adalah suatu hal yang sangat utama bagi manusia terutama bagi orang-orang Islam.

Sedangkan secara ilmiah, telah banyak dilakukan penelitian-penelitian mengenai manfaat membaca alquran. Salah satunya adalah sebuah riset yang dilakukan oleh Uiversitas Al-Azhar Kairo, Mesir. yaitu
Hasil riset Universitas Al-Azhar bahwa membaca Al Qur'an dapat meningkatkan kinerja otak & mempertajam ingatan sampai dengan 80% karena ada 3 aktivitas yang baik bagi otak yaitu melihat, mendengar & membaca. waktu yang bagus untuk membaca Al Qur'an adalah setelah shalat terutama shubuh & maghrib. pada kedua waktu tersebut, otak dalam keadaan refresh karena pergantian waktu dari terang ke gelap & dari gelap ke terang.

Tidaklah aneh apabila orang yang sering membaca Al-Quran, ia akan terhindar dari penyakit pikun/ pelupa, bahkan ketika sudah memasuki usia lanjut. Hal tersebut banyak terjadi di lingkungan sekitar kita.

Keuntungan-keuntungan tersebut akan menjadi lebih banyak apabila kita membaca Al-Quran dan mengerti isi kandungan di dalamnya. Di dalam Al-Quran terdapat kisah-kisah Umat terdahulu sebagai pembelajaran bagi manusia, di dalam Al-Quran juga terdapat berbagai Ilmu-Ilmu sebagai pembelajaran manusia baik itu ilmu duniawi maupun ilmu-ilmu rohani.

Bukti lain yang sudah diakui adalah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang menjadi Tokoh paling berpengaruh di dunia sepanjang masa. Nabi Muhammad telah berhasil membawa orang-orang jahiliah menjadi orang yang intelektual. Ketika itu, bangsa-bangsa Eropa masih berada dalam kegelapan, tidak bisa baca tulis dan berkuasa dengan kekuatan otot mereka. Kemudian setelah beberapa abad bangsa Eropa mempelajari Alquran dan pemikiran orang-orang Islam sehingga mereka menjadi maju seperti sekarang. Hal tersebut tidak lain dikarenakan Rasulullah SAW begitu menguasai Al-Quran dan menjadikannya sebagai pedoman hidup, begitu pula pemikir- pemikir Islam pada masa itu.

Maka dari itu, sebagai orang Islam, kita harus sering-sering membaca Al-Quran, karena begitu banyak manfaat dan keuntungan yang akan kita peroleh dengan membacanya. Tidaklah menjadi masalah apabila kita tidak mengerti arti maupun isi kandungan dari ayat yang kita baca, Karena kita masih mendapatkan pahala yang begitu besarnya dari sekedar membaca tersebut belum lagi manfaat-manfaat lainnya bagi kita dari segi kesehatan, ketenangan hati dan lain sebagainya. Alangkah lebih baik apabila kita membaca Al-Quran sekaligus memahami isi dari ayat yang kita baca, karena akan timbul manfaat yang lebih besar bagi kita.

Mulai dari sekarang, Budayakanlah membaca Al-Quran karena begitu besar manfaatnya bagi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Oleh:
Muh Islakhudin
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fak Dakwah.

1 komentar:

  1. Agen Togel Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
    Potongan Diskon 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
    Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    BalasHapus