Minggu, 29 Januari 2012

nothing is impossible, kisah piala eropa 1992

Tim Denmark merayakan kemenangan mereka meraih trofi Piala Eropa 1992 setelah menggulung raksasa Eropa, Jerman Barat, dengan skor 2-0

Jangan pernah berhenti bermimpi. Barangkali, prinsip inilah yang dipegang oleh tim Denmark sejak ikut babak penyisihan Piala Eropa 1992. Bermula dari didiskualifikasinya tim Yugoslavia dari ajang ini karena terkena sanksi PBB, posisinya lalu digantikan oleh Denmark yang menjadi runner-up grup.

Perjalanan si anak bawang pun berlanjut putaran demi putaran hingga beruntung dapat mengalahkan Belanda di semifinal melalui drama adu penalti. Kesalahan pemain legendaris Belanda, Marco Van Basten, dalam mengeksekusi penalti mengantarkan Denmark melaju ke babak final.

Bagai David yang menantang Goliath, mereka menantang raksasa sepak bola Eropa, Jerman. Benteng kokoh di lini belakang dan gaya permainan counter-attact diterapkan oleh Denmark kala itu.

Tak disangka, kerja keras, kerendahan hati pelatihnya, Richard Moller-Nielsen, dan sedikit keberuntungan membawa Denmark menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya dan satu-satunya hingga saat ini dengan menghajar tim Jerman dengan dua gol tanpa balas. Tim Denmark pun disebut "dinamit yang meledak" karena mampu meluluhlantakkan tim-tim raksasa Eropa kala itu, seperti Jerman (dulu Jerman Barat), Belanda, dan Uni Soviet.

Kiper tim Denmark, Peter Schmeichel, menjadi sorotan publik sepak bola sedunia. Pesonanya di bawah mistar gawang tak diragukan lagi. Kala itu, dia sudah setahun bergabung dengan klub raksasa asal Inggris, Manchester United.

Piala Eropa 1992 merupakan turnamen terakhir yang menggunakan logo tulisan UEFA dan bendera. Ajang ini juga menjadi kompetisi sepak bola akbar pertama yang mengharuskan nama pemain tercetak di atas nomor punggung kostum mereka setelah ini menjadi tren di klub-klub sepak bola di seluruh Eropa.

Ini juga menjadi ajang kompetisi di mana pertama kalinya Jürgen Klinsmann dan kawan-kawan datang dengan menggunakan nama tim "Jerman" setelah bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur pada tahun 1990.


Data Piala Eropa 1992
Tuan rumah: Swedia
Waktu: 10-26 Juni 1992
Tim: 8
Tempat: Gothenburg, Solna, Norrkoping, Malmo

Juara: Denmark
Runner-up: Jerman
Tempat ketiga: -

Statistik
Jumlah pertandingan: 15
Jumlah gol: 32
Rata-rata gol per partai: 2,13
Total penonton: 430.111
Rata-rata penonton per partai: 28.674
Top skorer: 3 gol – Henrik Larsen (Denmark), Tomas Brolin (Sweden), Dennis Bergkamp (Belanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar