Minggu, 22 Desember 2013

4 Langkah bersihkan paru-paru untuk perokok berat



Semua orang tahu bahwa merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan diri sendiri dan kesehatan orang lain. Salah satu organ tubuh yang berkemungkinan rusak akibat kebiasaan merokok adalah paru-paru. Ketika mengisap asap rokok, paru-paru akan kemasukan gas beracun dan lama-kelamaan akan rusak.



Untuk itu, bagi para perokok sangat penting membersihkan paru-paru mereka dari zat-zat berbahaya yang berasal dari asap rokok. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok bagi orang yang memiliki kebiasaan merokok, atau perokok berat, seperti dilansir oleh Boldsky (16/12).

1. Mengubah gaya hidup

Hal pertama yang harus dilakukan oleh perokok untuk membersihkan paru-paru mereka adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Anda harus menerapkan gaya hidup sehat yang bisa memberikan perubahan. Pertama, hindari makanan cepat saji dan junk food. Jangan lupa untuk berolahraga setiap hari. Olahraga yang dilakukan setiap hari dan secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan paru-paru.

2. Hindari zat-zat beracun

Menghindari zat-zat beracun yang kemungkinan terhirup oleh paru-paru adalah salah cara penting untuk membersihkan paru-paru. Karena itu, hindari bahan-bahan yang mengandung racun. Tak hanya rokok yang harus dihindari, tetapi juga racun dalam produk rumah tangga seperti deterjen atau pemutih. Cari produk yang tidak terlalu banyak mengandung bahan beracun atau tak mengandung bahan beracun sama sekali.

3. Konsumsi produk herbal

Produk herbal bisa dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru para perokok. Gunakan produk atau tanaman herbal yang bisa membantu dengan menghilangkan lendir pada paru-paru atau mengatasi jaringan yang iritasi. Salah satu tanaman herbal terbaik untuk membersihkan paru-paru adalah akar manis. Namun tentu saja ini tak bisa dilakukan secara instan. Anda harus menggunakan tanaman herbal tersebut secara teratur dengan perawatan intensif.

4. Makanan sehat

Ada beberapa makanan yang bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru perokok. Sangat baik untuk mengonsumsi makanan ini jika Anda adalah salah satu perokok berat. Beberapa di antaranya adalah bawang putih dan bawang merah yang kaya zat anti-bakteri dan anti-virus. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar dan sayuran hijau, serta makanan organik.

Menghilangkan racun dari paru-paru adalah salah satu upaya pembersihan yang bisa membantu jaringan baru tumbuh dan menggantikan jaringan lama yang sudah rusak. Cara-cara di atas bisa membantu Anda membersihkan paru-paru dari zat beracun yang berasal dari asap rokok. Namun tentunya tak akan maksimal jika Anda tidak berhenti merokok pada akhirnya.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar