Minggu, 23 Maret 2014

Tangkal kanker dengan 6 makanan enak ini!



Tahun-tahun belakangan ini jumlah pasien yang menderita kanker meningkat dibandingkan dengan dua puluh tahun yang lalu. Begitu juga dengan tingkat kematian akibat kanker. Kanker memang bisa sangat ganas ketika menjangkiti seseorang. Namun sebenarnya kanker sangat bisa dicegah.

Penelitian mengungkap bahwa salah satu penyebab kanker adalah pola makan dan gaya hidup yang tak sehat. Dengan begitu, cara mencegahnya pun dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung zat anti-kanker, seperti dilansir oleh Health Me Up (15/03).


1.
Tomat

Tomat mengandung zat anti kanker lycopene. Zat tersebut terkandung dalam warna merah pada kulit tomat. Lycopene memiliki peran untuk menurunkan risiko berbagai tipe kanker. Lycopene juga mengandung vitamin C, antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan memicu kanker.

Selama ini lycopene juga diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, prostat, pankreas, dan kanker usus besar. Tak hanya itu, mengonsumsi tomat juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan lainnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Teh HijauSejak lama teh hijau memang dianggap sebagai salam satu minuman yang menyehatkan. Teh hijau mengandung banyak manfaat seperti membantu menurunkan berat badan atau menghilangkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang ada di dalamnya pun diketahui bisa mencegah kanker.


Antioksidan yang ada dalam teh hijau bisa mencegah kerusakan sel yang bisa memicu kanker. Teh hijau diketahui bisa mencegah kanker kandung kemih, kanker payudara, dan bahkan kanker kulit. Selain itu, teh hijau juga bisa menurunkan risiko kanker dengan menurunkan tingkat gula dalam darah.

3. Brokoli, Kubis, dan Kembang Kol
Brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung banyak indole-3-carbinol. Zat tersebut merupakan bahan kimia yang diketahui bisa melawan kanker payudara. Komponen tersebut juga diketahui bisa mengubah estrogen yang memicu tumbuhnya sel kanker dengan jenis estrogen yang lebih aman dan mencegah tumbuhnya kanker.

Mengonsumsi brokoli diketahui bisa mencegah kanker usus besar, kanker rektum, dan lainnya. Hal ini karena adanya sulforaphane yang ada dalam brokoli, kubis, maupun kembang kol. Anda bisa menambahkan brokoli, kubis, atau kembang kol ke dalam masakan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Bawang PutihSelama ini bawang putih dikenal dengan baunya yang menyengat dan membuat bau mulut serta produksi gas dalam tubuh meningkat. Namun sesungguhnya bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mencegah kanker dan sel tumor. Bawang putih mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel dari radikal bebas.

Antioksidan yang ada dalam bawang putih juga melindungi tubuh dari kerusakan sel yang memicu kanker atau menyebabkan munculnya tumor. Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan risiko terkena kanker perut atau kanker usus besar hingga 50 persen. Hal ini berlaku untuk bawang putih yang dikonsumsi secara mentah maupun yang sudah dimasak.

5. Grapefruit Orang Indonesia mungkin masih belum familiar dengan buah grapefruit. Buah ini hampir mirip dengan delima, namun dengan isi yang sama dengan jeruk. Seperti halnya buah sitrus yang lain, grapefruit diketahui bisa mencegah kanker. Hal ini karena adanya zat bernama monoterpenes yang terkandung di dalamnya. 

Zat tersebut bisa mengeluarkan zat karsinogen penyebab kanker yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya sel kanker. Selain itu, grapefruit juga mengandung vitamin C, beta-karoten, dan asam folat yang mencegah kerusakan sel dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian mengungkap bahwa grapefruit bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

6. JamurBeberapa jenis jamur seperti jamur kancing, jamur shitake, dan maitake diketahui mengandung zat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, makanan tersebut juga bisa membantu mencegah kanker. Jamur maitake diketahui bisa menurunkan risiko kanker dengan cara mengontrol tingkat gula dalam darah. Jamur reishi bisa menangkal pertumbuhan tumor. Namun sebaiknya gunakan jamur yang dikembangkan secara organik, bukan yang mengandung pestisida.

Itulah beberapa makanan enak yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan risiko terkena kanker. Makanan tersebut bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dalam masakan.

sumber : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar