Rabu, 23 April 2014

Jangan Terlalu Banyak Rencana, Lakukan Saja !

Siswa-siswa Robert Pozen di Harvard Business School sering bertanya bagaimana dia merencanakan karirnya untuk menjadi presiden Fidelity Investments. Jawabannya? “Tidak ada rencana besar, sewaktu-waktu saya mundur ke satu langkah karir saya.” 


Sejarah Karir Robert Pozen

Di sini, ia menjelaskan sejarahnya yang menunjukkan tentang perencanaan karir dan hal-hal kunci yang dia pelajari sepanjang jalan.

Pada tahun-tahun setelah saya lulus dari sekolah hukum, saya tidak tahu bahwa saya pada akhirnya akan menjadi presiden jasa keuangan raksasa. Saya memegang posisi sebagai profesor hukum, seorang pejabat senior di Securities and Exchange Commission, dan mitra dalam sebuah firma hukum.

Tetapi selama langkah-langkah awal dalam karir saya, saya belajar banyak tentang diri saya: saya menemukan bahwa saya benar-benar menyukai melakukan transaksi dan mengelola orang, ketimbang penyusunan peraturan dan menulis artikel. Jadi saya menerima tawaran pekerjaan di Fidelity Investments pada tahun 1987, ketika itu masih relatif muda. Saya menghabiskan dekade berikutnya mendaki tangga perusahaan, pada tahun 1997, untuk satu set kompleks alasan, saya terpilih menjadi presiden perusahaan.

Apakah sejarah saya itu menyarankan tentang perencanaan karir? Bahwa Anda tidak dapat mengontrol lintasan karir Anda. Ada terlalu banyak faktor di luar kendali Anda yang akan membentuk pekerjaan Anda seperti tren ekonomi, pemilu politik, perubahan teknologi, dan banyak hal lainnya. Jadi jangan angkuh berpikir bahwa Anda dapat menentukan jalur profesional Anda meluncur.

Di sisi lain, Anda dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk sukses dengan mendekati karir Anda dengan pola pikir benar yang mengakui bahwa perencanaan karir adalah proses yang berkesinambungan yang harus dikelola secara aktif. Pada setiap langkah dalam karir Anda, Anda perlu bertanya pada diri sendiri: Apa yang dapat saya lakukan berikutnya yang akan memaksimalkan pilihan saya di masa depan?

Kembangkan Pengetahuan Yang Dapat Ditransfer

Proses ini dimulai dengan pilihan yang Anda buat di sekolah. Anda ingin pendidikan Anda menyediakan keterampilan yang diperlukan dan keahlian untuk berhasil dalam berbagai pekerjaan. Ini berarti bahwa Anda perlu membuat pilihan cerdas tentang kursus yang akan Anda ikuti. Saya mendukung mereka yang melibatkan tulisan yang luas, analisis ketat, atau keterampilan kuantitatif.

Setelah Anda selesai pendidikan formal Anda, carilah pekerjaan yang akan memungkinkan Anda untuk lebih memperluas pengetahuan yang dapat ditransfer untuk membantu Anda menemukan pekerjaan Anda berikutnya. Katakanlah Anda mengambil pekerjaan menyusun sewa pesawat. Dalam beberapa tahun, Anda bisa menjadi ahli pada hal tersebut, namun, keahlian tersebut terlalu sempit sehingga tidak akan membantu Anda dalam setiap pekerjaan lain. Sebaliknya, jika Anda mengambil pekerjaan yang akan memperluas keterampilan pemrograman komputer Anda, Anda dapat sangat meningkatkan pilihan Anda untuk langkah-langkah selanjutnya dalam karir Anda.

Mendapatkan pengalaman dari luar negara asal Anda merupakan cara lain untuk mengembangkan pengetahuan yang dapat ditransfer. Saya tinggal selama hampir dua tahun diAfrika dan telah menghabiskan banyak waktu di Inggris, Jepang, dan Cina. Melalui pengalaman-pengalaman, saya belajar untuk berurusan dengan lingkungan-yang memiliki perekonomian, budaya, dan politik yang berbeda kemudian membantu saya mengevaluasi atau memulai unit bisnis di seluruh dunia.

Demikian pula, Anda dapat membuat diri Anda lebih menarik bagi lebih banyak pengusaha dan bekerja di berbagai jenis organisasi selama karir Anda. Untuk perusahaan nirlaba mungkin khawatir mempekerjakan Anda jika Anda telah menghabiskan seluruh karir Anda di pemerintahan, misalnya. Pada manajemen tingkat atas, perusahaan yang diperdagangkan secara publik sering takut bahwa seorang eksekutif senior di sebuah perusahaan swasta tidak akan mampu menyesuaikan diri dengan tekanan yang unik dari pemegang saham publik dan mandat SEC.

Bangun Jaringan Anda

Ketika Anda mendapatkan pengetahuan yang bisa di transfer, ingat bahwa itu hanya satu bagian dari teka-teki: langkah selanjutnya Anda juga harus mengembangkan jaringan hubungan pribadi Anda dengan teman yang sesuai. Mengutip slogan, “Organisasi tidak mempekerjakan orang. Orang mempekerjakan orang-orang.” Semakin banyak orang tahu Anda, semakin banyak orang akan teringat Anda ketika ada lowongan pekerjaan bahkan lowongan yang tidak dipublikasikan. (Banyak saudara banyak rejeki)

Tentu saja, Anda dapat membangun jaringan Anda tanpa mengubah pekerjaan: Anda dapat menghadiri konferensi atau berpartisipasi dalam komite di asosiasi perdagangan. Tapi ini semacam-event networking artinya jika dibandingkan dengan ikatan dalam Anda dapat berkembang dengan rekan-rekan Anda melalui bekerja, berbicara, dan bepergian dengan mereka.

Ketika Anda merenungkan langkah karir berikutnya, kemudian, pikirkan tentang jaringan kemungkinan Anda dapat mengambil keuntungan dari itu. Jika Anda ambisius, Anda dapat memperluas jaringan Anda dengan pindah ke perusahaan baru, atau bahkan industri baru, jelas, itu akan menjadi keputusan penting. Lebih sederhana, Anda dapat membangun jaringan Anda dengan menerima pekerjaan di unit lain dari perusahaan yang sama atau dengan pos proyek interdisipliner yang dikelola oleh orang-orang dari beberapa unit.

Dalam ekonomi yang sulit dan dunia yang selalu berubah, itu lebih penting daripada sebelumnya untuk cerdas mengevaluasi setiap langkah dalam karir Anda. Untuk mempersiapkan kejutan apapun yang terbentang di depan, cobalah untuk membuat pilihan hari ini yang akan memaksimalkan pilihan Anda di masa depan. Kursus keahlian yang dapat ditransfer atau belajar di tempat kerja dan bentuk hubungan erat dengan rekan-rekan dan kolega Anda. (Robert Pozen)


1 komentar:

  1. Agen Togel Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
    Potongan Diskon 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
    Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    BalasHapus