Sabtu, 22 Desember 2012

Profil Bintang : Roger Mila "The African Lion"


Roger Milla (nama aslinya Mooh Albert Roger Miller) lahir pada tanggal 20 Mei 1952. Roger Milla  salah satu pemain Afrika pertama yang menjadi bintang utama di panggung epakbola internasional. Dia bermain di tiga Piala Dunia untuk tim nasional Kamerun. Dia mencapai ketenaran internasional pada 38 tahun, suatu zaman di mana sebagian besar pemain sepak bola sudah pensiun, dengan mencetak empat gol di Piala Dunia 1990, membantu tim Kamerun mencapai perempat final.

Dia menandatangani kontrak untuk klub pertamanya di Douala sebagai pada usia 13 tahun. Pada usia 18, ia memenangkan juara liga pertamanya dengan klub Douala. Pada tahun 1976, saat bermain bersama klub Tonnerre Yaoundé ,Roger Milla dianugerahi gelar pemain terbaik Afrika .

Milla membuat penampilan debut bersama  tim nasional Kamerun pada tahun 1973. Roger Milla menjadi salah satu pemain yang terdaftar  sebagai anggota tim Kamerun di Piala Dunia FIFA 1982, Setelah  itu, ia memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Kamerun.
Namun, pada 1990, ia menerima telepon dari Presiden Kamerun Paul Biya, yang memohon padanya untuk menunda pensiun dan kembali bergabung dengan tim nasional. Dia setuju, dan pergi ke Italia bersama tim Kamerun  di Piala Dunia 1990. 

Saat itu ,di usianya yang ke 38, Roger Milla muncul sebagai salah satu bintang Piala Dunia 1990. Dia mencetak empat gol di Italia, merayakan golnya dengan goyangan perut yang fenomenal/.Milla kembali bermain di Piala Dunia 1994 pada usia 42, dan menjadi pemain tertua yang pernah tampil di Piala Dunia. Walaupun Kamerun sudah dipastikan gagal melangkah ke babak ke 2, dalam pertandingan terakhir  di tahapan grup,Roger Milla mencetak gol melawan Rusia, yang menjadikannya menjadi pemain tertua yang pernah mencetak gol di Piala Dunia. Hal inilah yang kemudian membuatnya dijuluki sebagai Singa Tua dari Afrika.

Di akhir karirnya sebagai pemain,Roger Milla pernah bermain di kompetisi sepakbola Indonesia. Roger Milla bermain di klub Pelita Jaya dan Putera Samarinda.
Pada tahun 2006,Roger Milla, terpilih sebagai pemain terbaik Afrika dalam 50 tahun terakhir. Hasil ini didapat dari penjaringan suara melalui poling yang dilakukan oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Kini, Milla menjadi seorang duta sepak bola untuk Afrika .[ulasbola.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar