Rabu, 19 Desember 2012

Sungai-Sungai Berpredikat Terbersih di Dunia

Sungai adalah urat nadi kebersihan sebuah kota atau lingkungannya, jika kita ingin melihat tolak ukur kebersihan sebuah kota atau lingkungannya maka kita bisa melihat kebersihan dari sungai yang membelah kota tersebut. Di saat jaman semakin maju dan daerah industri semakin marak maka akan membuka peluang juga untuk terjadinya pencemaran lingkungan karena limbah yang dihasilkan baik dari limbah rumah tangga maupun industri sering di buang secara tidak bertanggungjawab begitu saja ke sungai tersebut.

Tetapi di tengah era kemajuan yang semakin mengikis keberadaan sungai-sungai bersih yang ada di dunia. Masih ada beberapa sungai yang masih bisa di lestarikan kejernihannya.

Berikut beberapa sungai yang bisa disebut sunagi-sungai terjernih di dunia.
1. Sungai Thames

Sungai Thames merupakan sebuah  sungai terbersih di dunia yang terdapat di Inggris. Yang membuat sungai ini berbeda dengan sungai terbersih lainnya adalah predikatnya yang bisa berubah dengan cepat dalam waktu kurang lebih selama 50 tahun, dari sungai kotor menjadi salah satu sungai terbersih.  Saking kotornya sungai ini pernah di vonis mati secara biologis karena tidak ada lagi ekosistem yang mampu bertahan di sungai yang penuh dengan polusi. Tetapi berkat sikap pemerintah Inggris yang tanggap dan serta tegas menegakan peraturan pembuangan limbah pembenahan terus di lakukan dan sungai pun perlahan menjadi bersih dan menampakan kehidupannya.

2. Sungai Tara

Sungai Tara adalah sebuah sungai yang terletak di Eropa timur tepatnya di negara Montenegro, Bosnia dan Herzegovina. Sungai ini berasal dari dua sungai yakni Sungai Opasnica dan VeruĊĦa di Gunun Prokletije, yang merupakan salah satu bagian dari Pegunungan Alpen di Montenegro. Panjang keseluruhan sungai 144 km, dimana pembagiannya 110 km berada di negara dMontenegro, sementara 34 km lainnya masuk wilayah Bosnia dan Herzegovia. Karena panjangnya menjadikan sungai ini sebagai sungai terpanjang di Montenegro. Memiliki  kedalaman 1.300 meter menjadikan sungai ini sebagai sungai terdalam di Eropa. Bersama taman nasional setempat sungai ini di lindungi dan menjadi salah satu warisan duni Unesco.

3. Sungai St. Croix


Sungai yang menepati posisi ke tiga adalah sungai St. Croix atau memiliki nama lengkap The St Croix River adalah sebuah sungai yang merupakan anak sungai dari Sungai besar Mississippi, dan terletak di negara bagian Winconsin serta Minnesota. Sungai ini memiliki panjang 164 mil atau 264 km. Karena memiliki keberagaman ekosistem dan lingkungan yang membuat sungai ini di tetapkan sebagai Riverway Scenic Nasional dan di bawah perlindungan dari National Park Service. Selain terkenal dengan kerjernihan dan ekosistem alaminya sungai ini juga di manfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air yang memasok listrik ke daerah Minneapolis-St. Paulus.

andai di Indonesia warganya tidak sembarangan membuang sampah dan mau menjaganya pasti kita akan mempunyai sungai seperti sungai Thames di Inggris atau Tara

#sumber : www.didunia.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar