Rabu, 19 Juni 2013

Cara memakai jilbab yang benar menurut Islam


Walaupun saya bukan seorang perempuan tapi saya sangat tertarik tentang cara mengenakan Jilbab yang benar menurut Islam menurut syariat Islam karena baru-baru ini di sekolah saya memberlakukan pemakaian kerudung yang mengharuskan kerudung di masukan kedalam seragam sekolah. Saya tidak tahu apakah memasukan kerudung ke dalam seragam sekolah sesuai dengan syariat islam. Untuk itu saya mencari artikel di google tentang cara pemakaian jilbab yang benar menurut syariat islam. Dan berikut adalah cara pemakaian jllbab yang benar menurut syariat islam :


Memakai jilbab bukan sekedar tren, tapi  itu adalah satu tuntutan bagi semua wanita Muslim agar menutup aurat. Perkembangan tren berjilbab terlihat semakin berkembang dengan adanya model jilbab terbaru dengan berbagai bentuk dan warna yang lebih menawan untuk dikenakan.

Selain itu juga, si pemakai jilbab gemar membuat selebriti tanah air sebagai ikon mereka dalam memakai model jilbab. Antara selebriti yang terkenal dengan gaya berjilbab mereka adalah, Zaskia A Mecca, Marshanda, Nuri Maulida dan juga Siti Nurhaliza dari MalaysiaGaya mereka masih banyak diikuti sampai sekarang.

Namun sayangnya banyak yang memakai jilbab tetapi pemakaiannya tidak pas dengan busana yang dikenakanya dan juga tidak sesuai dengan tuntutan syariah dalam tuntunan menutup aurat.

Ikuti beberapa tips ini mengenai cara dan panduan bagi mereka yang memakai jilbab:


Jilbab harus menutupi seluruh rambut

Bagi mereka yang mengambil keputusan untuk berjilbab, harus tahu pedoman menutup aurat dengan benar, diantaranya adalah pastikan Anda memakai jilbab dan menutup seluruh rambut tanpa ada sehelai rambut pun terlihat. Banyak yang tidak sadar akan anak rambut yang mencuat akibat tidak tertutup dengan rapi, ingatlah bahwa anak rambut itu juga haram dilihat oleh pria bukan muhrim kita. Maka Anda harus menutupi rambut dengan jilbab penuh agar anak rambut dan juga rambut lainnya tidak dapat dilihat.

Pilihan jilbab yang tepat

Jangan pilih jilbab yang jarang dan transparan sehingga rambut Anda di dalam dapat terlihat meskipun Anda telah memakai jilbab. Niat Anda untuk menutup aurat haruslah beserta cara yang benar. Jangan memakainya hanya karena mengikuti trend saja. Bila berniat untuk menutup aurat, jilbab yang dipilih juga harus pas dengan nawaitu kita. Jangan pilih jilbab yang jarang dan bergaya tanpa memakai daleman yang tepat. Anda masih dianggap belum mampu menutup aurat dengan benar jika memakai tudung yang jarang.

Pakaian harus sesuai

Jangan memakai pakaian yang ketat sehingga menampakkan bentuk lekuk tubuh  Anda, karena Islam menyarankan Anda menutupi aurat dengan berkerudung untuk menutupi bagian badan setelah memakai baju agar tidak menimbulkan fitnah bagi mereka yang melihat. Jangan memilih pakaian yang pendek sehingga menampakkan bagian tangan Anda karena itu adalah aurat yang wajib dijaga semua wanita Muslim.


Pakaian yang pendek dari pinggul

Ketika bertjilbab, pakaian juga harus dijaga, jangan memakai baju yang pendek hingga di tingkat pinggang. Pastikan baju yang dipilih melebihi paras pinggul kita dan longgar. Ini karena bila kita memakai pakaian yang ketat dan pendek, ketika kita duduk atau merangkak, akan nampak sebagian tubuh kita di belakang.

Pastikan tudung menutupi bagian dada dan leher

Aurat yang seringkali dilupakan wanita muslim adalah menutupi bagian dada dan juga bagian leher. Banyak yang tidak mengambil peduli dengan hal seperti ini sehingga mereka memakai jilbab, namun masih dapat dilihat leher mereka karena pemilihan jilbab yang tidak sesuai. Pilih jilbab yang lebih panjang untuk menutupi dada Anda. Pastikan tidak ada belahan di bagian leher agar tidak terlihat kulit leher Anda ketika memakai jilbab.

Tidak menampakkan sanggul yang berlebihan di atas kepala

Jika benar itu adalah rambut Anda, coba hindari membuat sanggul yang terlalu tinggi di atas kepala karena itu hanya akan mengundang fitnah bagi mereka yang melihat. Ikat rambut Anda dan simpulkan di tengah-tengah kepala dan baluti rambut Anda dengan daleman yang bisa menutupi semua rambut sebelum memakai jilbab.

Itulah beberapa pedoman cara memakai jilbab yang benar sesuai dengan syariat Islam. Dengan memakai jilbab yang benar, insyaAllah anda bukan hanya selamat dari fitnah di dunia, tapi juga selamat dari fitnah akherat. (berkah2013.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar