Jumat, 21 Juni 2013

Demi Matematika, orang ini menolak 1 juta dollar



Di tahun 2003, secara mengejutkan Grigori Parelman seorang matematikawan mampu menyelesaikan soal matematika yang selama 100 tahun belum pernah terpecahkan. Soal yang bermana Poincare conjecture tersebut berhasil dipecahkan oleh Grigori dengan satu rumusan teori.

Sampai di tahun 2010, teori ini barulah diuji kebenarannya oleh sekumpulan ahli matematika dan ternyata benar. Grigori pun dinobatkan sebagai manusia terpintar saat itu Dia pun dihadiahi medali Field setara dengan Nobel untuk kaum matematikawan dan 1 juta dollar olehMassachusetts's Clay Mathematics Institute's Millenium Prize list. 

Namun ternyata orang berkebangsaan Rusia ini menolak. Menurutnya ilmu pengetahuan tidak bisa disamakan dengan hadiah apapun. "saya tidak tertarik dengan kekayaan dan kepopuleran. Dengan ilmu pengetahuan saya bisa mengontrol dunia. Jadi kenapa saya harus menerima uang itu," ungkap Grigori pada media lokal. Kini pria berumur 45 tahun tetap tinggal sederhana bersama saudara perempuan dan ibunya di St. Petersburg. (merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar