Minggu, 30 Juni 2013

Mengenal DASH, diet terbaik sepanjang masa

 


Para ahli nutrisi dan diet kembali memberikan penilaian pada diet DASH. Menurut mereka, diet ini adalah yang terbaik sepanjang tahun 2013. Tahun lalu, diet DASH juga mendapat sebutan serupa.
Dianggap sebagai diet terbaik jelas bukan tanpa alasan. Sebab diet DASH ini bukan cuma mampu menurunkan berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah yang memicu penyakit jantung - penyakit yang paling banyak memakan nyawa manusia.
Lantas bagaimana cara menjalani dan risiko kesehatan apa yang bisa dirasakan saat seseorang ingin melakukan diet DASH? Simak penjelasan lengkapnya seperti yang dilansir dari WebMDberikut ini.

1. Pengertian

Seperti namanya, DASH - Dietary Approaches to Stop Hypertension (diet untuk menghentikan tekanan darah tinggi) - sudah terbukti dalam berbagai penelitian mampu menurunkan tekanan darah pelaku diet hanya dalam waktu dua minggu.
Selain DASH, ada pula DASH- Sodium, metode diet yang membatasi konsumsi garam secara khusus untuk menurunkan tekanan darah. Tentu saja, sebelum melakukan diet ini, pastikan tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh sudah diperiksa.
                                              

2. Mengawali diet DASH

Mengubah pola makan tentu bukan cara yang mudah dilakukan. Oleh sebab itu, ada hal-hal yang bisa diawali untuk akhirnya membiasakan diri mengonsumsi makanan sesuai aturan dari diet DASH. Beberapa peraturan tersebut adalah:
·         Menambah porsi sayuran saat makan siang dan makan malam.
·         Menjadikan buah, baik segar maupun kering, sebagai camilan.
·         Menggunakan setengah porsi mentega, margarin, bumbu salad, dan menggantinya dengan bahan yang rendah atau bebas lemak.
·         Minum susu rendah lemak.
·         Membatasi konsumsi daging sebanyak 90 gram saja sehari.
·         Menambah konsumsi sayuran kacang.
·         Membiasakan diri makan kacang, kismis, yogurt tanpa lemak, dan popcorn tawar.
·         Membaca label makanan dengan benar dan menghindari produk yang bersodium tinggi.

3. Menjalani diet DASH

Setelah terbiasa dengan aturan makan yang sudah disebutkan sebelumnya, kini saatnya memenuhi kebutuhan nutrisi sepenuhnya menurut diet DASH. Inilah saran sajian setiap hari yang sebaiknya dikonsumsi:
·         Gandum, 7-8 kali porsi
·         Sayuran, 4-5 kali porsi
·         Buah-buahan, 4-5 porsi
·         Produk susu rendah atau bebas lemak, 2-3 porsi
·         Daging, unggas, dan ikan, kurang dari 2 porsi
·         Kacang dan biji-bijian, 4-5 porsi
·         Lemak baik dari minyak, 2-3 porsi
·         Makanan manis, kurang dari 5 porsi dalam seminggu

Sementara untuk larangan, seperti saran gaya hidup sehat lainnya, pelaku diet DASH perlu menghindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan begadang.

4. Manfaat

Seperti yang sudah disebutkan, DASH adalah diet yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga secara keseluruhan, diet ini mampu menyehatkan sistem kardiovaskular.
Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa diet DASH mampu menurunkan risiko diabetes. Diet ini bahkan disarankan untuk dilakukan oleh penderita diabetes.
Sementara untuk efek samping, hampir tidak ada kekurangan dari diet DASH. Tak heran jika DASH mendapat sebutan diet terbaik selama dua tahun berturut-turut.

5. Olahraga

Jika ingin sekaligus menurunkan berat badan, diet DASH paling tepat dilakukan dengan kombinasi olahraga teratur. Pelaku diet bisa mengawali 15 menit jalan kaki setiap pagi dan sore. Setelah itu jadwal olahraga sebaiknya ditambah sesuai dengan kemampuan tubuh.
Temukan pula aktivitas lain yang menyenangkan, seperti berenang atau hanya berkebun. Tentukan tujuan, maka diet pasti akan berjalan lancar.

#merdeka.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar