Jumat, 01 Juni 2012

Kisah Euro 2004 : "Yunani Surprise"


Piala Eropa diselenggarakan di Portugal untuk pertama kalinya pada 12 Juni-4 Juli 2004. Piala Eropa ini penuh dengan kejutan.
Negara-negara besar seperti Jerman, Spanyol dan Italia seperti tampil tanpa semangat juang. Mereka pun tersingkir dari babak penyisihan grup.
Tanpa diduga, Yunani berhasil menjuarai Piala Eropa 2004. Tim Negeri para Dewa ini berhasil mengalahkan tuan rumah Portugal dengan skor tipis 1-0 lewat tandukan Angelos Charisteas di menit 53.
Sebelumnya, di babak perempat final, Yunani yang dilatih Otto Rehhagel juga mampu menaklukkan juara bertahan Perancis. Gelandang sekaligus kapten Yunani, Theodoros Zagorakis terpilih menjadi Pemain Terbaik Piala Eropa 2004. Sementara itu, peraih gelar sepatu emas jatuh kepada penyerang Republik Ceko, Milan Baros.
Kontroversi
Laga babak perempat final antara Portugal dan Inggris berlangsung controversial. Inggris yang unggul lebih dulu lewat gol cepat Michael Owen bisa disamakan oleh Helder Postiga di menit 83. Di menit-menit akhir, Sol Campbell sebenarnya membawa The Three Lions unggul. Tapi, sundulan Campbell dinyatakan tidak sah karena sebelumnya dianggap wasit melanggar kiper Ricardo Pereira

-kompasbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar