Jumat, 01 Juni 2012

Kisah Euro 2008 : Era Baru Spanyol



Inilah Piala Eropa yang masih diingat pecinta sepakbola. Untuk kedua kalinya Piala Eropa digelar di dua negara, Austria dan Swiss.
Inggris yang selalu hadir di Piala Eropa kali ini harus absen karena kalah bersaing dengan Kroasia dan Rusia di babak kualifikasi. Sedangkan Yunani yang datang sebagai juara bertahan tidak bisa berbuat banyak dan hanya menjadi lumbung gol bagi tim lawan.
Bahkan, Yunani sama sekali tidak meraih kemenangan di turnamen ini. Begitu juga dengan Perancis yang di luar dugaan tampil buruk dan secara mengejutkan kalah 1-4 dari Belanda di babak penyisihan grup.
Spanyol berhasil menjuarai Piala Eropa 2008 setelah mengalahkan Jerman 1-0 lewat gol Fernando El Nino Torres. La Furia Roja menjadi tim yang tidak terkalahkan di turnamen Piala Eropa sejak Jerman melakukannya pada Piala Eropa 1996. Playmaker Spanyol, Xavi Hernandez terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Eropa 2008.
Kontroversi
Siaran langsung laga semifinal antara Jerman dan Turki dari stadion St Jakob-Park, Swiss sempat terputus akibat badai di Vienna, Austria. Akibatnya, hampir seluruh penonton di dunia tidak bisa melihat gol yang dicetak oleh pemain Turki, Semih Senturk di menit 86, dan juga gol penentu kemenangan Jerman yang dicetak Philipp Lahm di menit 90.

kompasbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar